apa saja Jenis Teh Hitam

Jenis Teh Hitam

Di dunia ini, ternyata ada banyak sekali minuman seduh, misalnya dari jenis teh hitam. Ini merupakan salah satu varian yang banyak dikembangkan sejak dulu. Bahkan jenis minuman satu ini memiliki khasiat lebih baik daripada jenis lain. Tidak heran semakin hari para penikmat teh semakin bertambah banyak.
Minuman seduh ini umumnya terbuat dari tumbuhan camellia sinensis. Sejenis tumbuhan yang hidup subur di daerah dingin, biasanya di dataran tinggi. Karena itu, di Indonesia juga banyak daerah penghasil teh. Bahkan minuman ini juga menjadi salah satu hidangan favorit ketika membaca koran pagi hari.
Umumnya, untuk mendapatkan warna hitam pada hasil olahan dilakukan proses pemanggangan hingga fermentasi. Karena itu, ada banyak perbedaan dengan jenis teh lain mulai dari cara pembuatan hingga aroma. Lalu hal unik apa saja yang ada pada minuman nikmat satu ini?

Memiliki Aneka Varian yang Beragam

Tidak banyak orang tahu bahwa sebenarnya jenis teh hitam memiliki banyak varian. Biasanya ini dibedakan dari dimana tumbuhan ini dikembangkan karena setiap tempat bisa memberikan perbedaan rasa. Misalnya saja ada varian Darjeeling Tea yang merupakan varian tumbuhan camilla sinensis dari Darjeeling India.
Selain itu ada juga Ceylon Tea yang merupakan khas dari Srilanka. Antara Darjeeling Tea dan Ceylon Tea identik dengan daerah budidaya masing-masing. Tidak heran karena kedua daerah ini sangat dekat dengan minuman seduh ini. Jadi produksi dari daerah tersebut memiliki nilai khas tersendiri.
Ada juga Earl Grey Tea yang merupakan varian dari aroma citrus bergamia atau banyak orang mengenalnya bergamot. Earl Grey Tea umumnya memiliki aroma manis dan segar yang juga banyak dipakai untuk aromaterapi. Tidak heran jika banyak orang lebih memilih varia satu ini daripada lainnya.

Bisa Dikreasikan Berbagai Jenis Penyajiannya

Jenis teh hitam pada umumnya mudah dikreasikan serta dicampur dengan bahan lain. Beberapa orang bahkan ada yang membuatnya menjadi milk tea karena memiliki khasiat besar. Apalagi rasa bergamot dari teh ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi bisa dibuat mejadi milk tea dengan lebih mudah.

Beberapa orang juga membuatnya dengan campuran lemon untuk mendapatkan rasa manis segar. Namun tentu saja ketika akan dikreasikan dengan bahan lain, menentukan tingkat rasa. Tidak perlu terlalu fokus pada aroma bergamot, namun juga perhatikan aroma daun teh. Ini untuk menyesuaikan rasa ketika dicampur.
Jika menginginkan khasiat untuk relaksasi, maka campuran lavender adalah kombinasi tepat. Aroma lavender memang terkenal memberikan ketenangan bagi tubuh. Bahkan bahan tersebut juga sering dipakai untuk membuat aromaterapi. Namun tetap harus memperhatikan setiap pemilihan tingkat warna, aroma, hingga rasa untuk mendapatkan minuman nikmat.

Tea Bag dan Tea Leaf

Yang lebih menarik adalah setiap orang bisa menikmati minuman tersebut dengan dua cara penyeduhan, menggunakan tea bag atau langsung menyeduh tea leaf. Namun sebelum memulai menyeduh, tentu harus mengikuti aturan untuk mendapatkan rasa nikmat. Aturan tersebut banyak orang menyebutnya sebagai golden rule.
Ketika langsung menyeduh daunnya, maka ada alat bernama tea pot. Alat tersebut juga bisa digunakan untuk melihat perubahan warna dari waktu ke waktu. Namun jika menggunakan tea bag, maka proses penyeduhan bisa lebih cepat. Tentu saja pada setiap orang akan memiliki cara tersendiri untuk dapat menikmati teh hitam yang dibuatnya.
Salah satu dari minuman seduh dari tanaman camilla sinensis memang memiliki kaunikan tersendiri. Memang setiap jenis memiliki kelebihan masing-masing karena pada dasarnya manfaatnya besar bagi tubuh. Misalnya jenis teh hitam yang ternyata memiliki fungsi meningkatkan antibodi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now